Dunia Islam telah melahirkan banyak ahli
falsafah yang hebat. Namun begitu, falsafah Islam tetap dianggap
sebagai satu kelompok yang hilang dalam sejarah pemikiran manusia. Maka
tidak heran, sejarah lebih mengenali tokoh-tokoh falsafah Yunani dan
Barat jika dibandingkan dengan ahli falsafah Islam.
Walaupun beberapa tokoh falsafah Islam
seperti Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibnu Sina setingkat dengan ahli
falsafah Barat, tetapi mereka tidak mendapat tempat yang sewajarnya jika
dibandingkan dengan ahli falsafah Yunani seperti Plato dan Aristoteles.
Kajian-kajian mengenai tokoh seperti mereka masih belum memadai dan
belum memuaskan.
Walaupun para sarjana, ilmuwan, dan ahli
falsafah Islam telah menghasilkan sejumlah karya-karya yang besar
tetapi kebanyakan tulisan mereka belum diterjemahkan.
Tidak kurang juga yang musnah disebabkan
oleh peperangan dan penaklukan yang dilakukan oleh penguasa asing.
Malahan kajian yang dibuat terhadap pemikiran falsafah beberapa tokoh
terkenal seperti Ibnu Rusyd tidak diberikan penilaian yang adil. Kajian
dan terjemahan yang dibuat oleh S.Van den Berg terhadap kitab Lima Baida
Al-Thaan, tulisan Ibnu Rusyd mengenai metafisika misalnya tidak
mendapat sorotan yang meluas, padahal kajian tersebut dapat membantu
kita memahami dan mendekati pemikiran ahli falsafah itu dengan lebih
mendalam lagi.
Begitu juga dengan pemikiran falsafah
Ibnu Tufail tidak banyak diketahui oleh umat Islam sendiri. Ibnu Tufail
yang lahir pada tahun 1106 M di Asya, Granada lebih dikenal sebagai
ahli hukum, kedokteran, dan ahli politik yang handal. Semasa
pemerintahan Al-Mu'min Ibnu Ali, Ibnu Tufail atau nama asalnya Abu
Bakar Muhammad Ibnu Abdul Malik Ibnu Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Tufail
Al-Qisi pernah dilantik sebagai pembantu gabenur Wilayah Sabtah dan
Tonjah di Maghribi.
Beliau juga pernah menjadi dokter
peribadi pada pemerintahan Al-Muwahidin, Abu Ya'kub Yusuf. Setelah itu,
tempatnya digantikan oleh muridnya yaitu Ibnu Rusyd. Selama hidupnya,
Ibnu Tufail pernah dilantik sebagai menteri dan merupakan ahli politik
yang dihormati oleh pihak pemerintah.
Selain itu, beliau juga melibatkan
dirinya dalam bidang pendidikan, pengadilan, dan penulisan. Walaupun
Ibnu Tufail dikatakan telah menulis banyak buku tetapi hanya satu buah
kitab saja yang diwariskan kepada generasi umat Islam sekarang. Kitab
itu ialah Hay Ibnu Yaqzan yang memuat pandangannya secara umum, dengan
gaya bahasa yang menarik dan imiginasi yang indah. Buku ini dianggap
sebagai warisan paling unik yang ditinggalkan oleh seorang ahli falsafah
Islam.
Buku ini kemudian diterjemahkan ke dalam
berbagai bahasa dunia. Yang menarik dalam buku itu, Ibnu Tufail
berusaha menerangkan bagaimana manusia mempunyai potensi untuk mengenal
Allah. Katanya, semua ini dapat dilakukan dengan membuat penelitian
terhadap alam sekitar dan sekelilingnya.
Menerusi buku itu, Ibnu Tufail mencoba
merangkai satu sistem falsafah berdasarkan perkembangan pemikiran yang
ada pada diri manusia. Beliau berusaha mengungkap persoalan serta
hubungan antara manusia, akal, dan Tuhan. Untuk itu, beliau telah
menggunakan pemikiran Hay Ibnu Yaqzan yang hidup di sebuah pulau di
Khatulistiwa sebagai gambaran percampuran empat unsur penting dalam
kehidupan yaitu panas, sejuk, kering, dan basah dengan tanah. Hidup di
tempat terpencil dan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan
pimpinan akal dan bantuan panca indera. Langkah Ibnu Tufail menggunakan
analogi pemikiran tersebut dalam bukunya dianggap sebagai suatu hal
yang luar biasa dalam penulisan karya yang berbentuk falsafah.
Pemikiran itu tidak pernah mengenali
kedua orang tuanya. Tetapi alam telah memberinya seekor kijang yang
memberinya makan. Setelah dewasa, dia mengarahkan pandangannya terhadap
perkara yang ada di sekelilingnya. Di sini dia mulai membahas tentang
kejadian dan rahasia kesehatan yang berlaku disekelilingnya. Hay bin
Yaqzan selalu membahas dan menganalisa sesuatu perkara sehingga dia
mampu mengetahui bahwa kebahagian dan kesengsaraan manusia itu
tergantung kepada hubungannya dengan Allah. Dengan watak "Hay" itu, Ibnu
Tufail berhasil membuat uraian yang menarik sekaligus membantu kita
memahami pemikiran falsafahnya.
Buku itu juga mengandung pengamatan Ibnu
Tufail mengenai ilmu metafisika, matematika, fisika, dan sebagainya.
Ibnu Tufail melihat alam ini sebagai hal baru dan diciptakan oleh Tuhan
yang MahaEsa dan berkuasa penuh. Dalam diri manusia pula terdapat roh
yang menjadi sumber dan pedoman kehidupan mereka di muka bumi ini. Ibnu
Tufail mendapati bahwa lapisan udara yang tinggi lebih sejuk dan tipis
dari pada lapisan yang rendah.
Meskipun pandangan itu dianggap sebagai
satu perkara yang biasa pada sekarang ini, tetapi pandangan ini
sebenarnya telah menyediakan landasan kepada ahli sains untuk melakukan
kajian terhadap panas dan segala fenomena yang berkaitan dengannya.
Pemikiran falsafah Ibnu Tufail juga meliputi perkara yang berhubungan
dengan masyarakat. Beliau berpendapat bahwa masyarakat terdiri dari
sebagian besar individu-individu yang malas. Karena mereka mudah
terpengaruh dan dengan nilai yang ada tanpa mau mempertimbangkannya.
Ibnu Tufail hidup hampir sezaman dengan
Ibnu Bajjah. Oleh sebab itu beliau mudah menerima pandangan falsafah
Ibnu Bajjah, Al-Farabi, dan beberapa ahli falsafah Islam yang lain
dengan baik. Menurut beberapa ilmuwan, Ibnu Tufail banyak dipengaruhi
oleh falsafah Ibnu Bajjah sebagaimana yang dapat diperhatikan pada
pertengahan buku Hay bin Yaqzan yang banyak membawa saran yang terdapat
dalam kitab Al-Mutawwahid. Dalam buku itu, Ibnu Bajjah telah melakukan
pembelaan terhadap tulisan-tulisan al Farabi dan Ibnu Sina.
Namun begitu, Ibnu Tufail tidak
menerima saran itu bulat-bulat melainkan dibahaskan secara kritis.
Selain itu beliau seorang yang berpegang kepada logika dalam mengungkap
realita alam dan kehidupan manusia.
Akan tetapi, beliau tidak menyepi dan
mengasingkan diri seperti yang dilakukan oleh segelintir ahli falsafah
lain. Sebaliknya beliau giat dalam hAl-hal yang berkaitan dengan
kemasyarakatan dan mengambil bagian secara aktif dalam urusan
pemerintahan serta kenegaraan. Kegiatan ini dilakukannya samai beliau
menghembuskan nafas yang terakhir pada 1185 M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar