Senin, 14 Januari 2013

Al-Kindi

Nama lengkap Abu Yusuf Yakub Ibnu Ishak Al-Sabbah Ibnu Imran Ibnu Al-Asha’ath Ibnu Kays Al-Kindi. Belilau biasa disebut Yakub. Lahir pada tahun 185H/805M di Kufah. Al-Kindi berasal dari suku Arab yang terpandang dan memainkan peran utama dalam dunia pemikiran Islam.
Al-Kindi memulai pelajarannya di Kufah, kemudian di Basrah, dan Baqhdad, Ibnu Al-Nadim seorang pustakawan yang terpercaya menyebutkan adanya 242 buah karya Al-Kindi dalam bidang logika, metafisika, aritmatika, falak, musik, astrologi, geometri, kedokteran, politik dan sebagainya.
Tentang filsafat Al-Kindi memandang bahwa filsafat haruslah diterima sebagai bagian dari peradaban Islam. Ia berupaya menunjukkan bahwa filsafat dan agama merupakan dua barang yang bisa serasi, ia menegaskan pentingnya kedudukan filsafat dengan menyatakan bahwa aktifitas filsafat yang definisinya adalah mengetahui hakikat sesuatu sejauh mana kemampuan manusia dan tugas filosof adalah mendapatkan kebenaran.
Tentang alam, Al-Kindi mengatakan bahwa alam inI adalah illat-Nya. Alam itu tidak mempunyai asal, kemudian menjadi ada karena diciptakan Tuhan. Al-Kindi juga menegaskan mengenai hakikat Tuhan, Tuhan adalah wujud yang hak (benar) yang bukan asalnya tidak ada menjadi ada, ia selalu mustahil tidak ada, jadi Tuhan adalah wujud yang sempurna yang tidak didahului oleh wujud yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar