Al-Razi merupakan seorang tokoh falsafah Islam yang banyak menimbulkan kontroversi dalam bidang ilmu falsafah. Sikap dan pemikirannya dikatakan cenderung kepada pemikiran dan teori ahli falsafah Yunani kuno seperti Plato. Oleh sebab itu, banyak kalangan ahli falsafah muslim yang mengecamnya, mereka tidak setuju dengan sebagian pendapatnya yang proplatonisme.
Walau bagaimanapun, Al-Razi tetap
diletakkan sebagai ahli falsafah muslim yang terkemuka hingga sekarang.
Sumbangannya yang besar dalam bidang kesehatan dan kimia sangat berharga
kepada generasi sesudahnya. Manakala dalam bidang falsafah, Al-Razi
memberi sumbangan besar dalam menguraikan falsafah, logika, metafisika,
moral, dan kenabian dengan cara rasional dan harmoni. Oleh sebab itulah
Al-Razi terkenal sebagai seorang ahli falsafah yang rasional dan murni.
Al-Razi atau nama lengkapnya Abu Bakar
Muhammad bin Zakaria Al-Razi, lahir pada tahun 236H/850M. Sebagian
pendapat mengatakan, beliau lahir pada 1 Sya'ban 251H bersamaan 865M.
Beliau anak kelahiran bumi Iran yaitu di Ray dekat Tehran merupakan
seorang tokoh falsafah yang masyhur pada tahun ke-3H.
Beliau pada masa mudanya menjadi pemain
gambus sambil menyanyi, kemudian dia meninggalkan pekerjaan itu dan
mempelajari bidang kedokteran dan falsafah. Beliau belajar ilmu
kedokteran dengan Ali ibnu Rabban Al-Thabari 192 - 240H/808-855M dan
belajar ilmu falsafah dengan Al-Balkhi. Dalam waktu yang sama beliau
juga belajar matematika, astronomi, sastra, dan kimia.
Pada waktu Mansur ibnu Ishaq ibnu Ahmad
ibnu Asad menjadi Gabenur Ray, Al-Razi diberi kepercayaan memimpin rumah
sakit selama enam tahun (290-296H/ 902 - 908M). Pada masa ini juga
Al-Razi menulis buku Al-Thibb Al-Mansuri yang dipersembahkan kepada
Mansur ibnu Ishaq ibnu Ahmad. Kemudian Al-Razi berpindah ke Baghdad atas
permintaan Khalifah Al-Muktafi 289-295H/901-908M, yang berkuasa pada
waktu itu.
Beliau dikenal sebagai seorang yang
pemurah, sayang kepada pasien-pasiennya, dan dermawan kepada
orang-orang. Al-Razi terkenal sebagai seorang dokter yang paling agung
dalam kalangan dokter Muslim dan juga seorang penulis yang produktif.
Kemasyhuran Al-Razi sebagai dokter bukan
saja di dunia timur, tetapi juga di Barat, sehingga beliau telah
digelar The Arabic Galen. Setelah Khalifah Al-Muktafi wafat, Al-Razi
kembali ke Ray, dan meninggal dunia pada 5 Sya’ban 313H/Oktober 925M.
Para sarjana berpendapat bahwa Al-Razi
mengalami sakit mata dan kemudian buta pada penghujung hidupnya. Al-Razi
menderita penyakit mata akibat ketekunannya menulis dan membaca yang
terlalu banyak.
Dalam dunia keilmuwan, tradisi pro dan
kontra tidak pernah luput sejak zaman dahulu bahkan hingga sekarang.
Begitu juga pada zaman Al-Razi, beliau tidak terlepas dari tentangan
oleh para ilmuwan yang sezaman dengannya.
Penentang al-Razi yang dapat dikenal
pasti oleh para sarjana dan ilmuwan Islam ialah Abu Qasim Al-Balkhi.
Beliau banyak menulis penolakan terhadap buku-buku Al-Razi, terutama
buku Ilm Al-Ilahi. Begitu juga dengan Syuhaid ibnu Al-Husain Al-Balkhi,
beliau mempunyai banyak perbedaan dengan Al-Razi.
Al-Razi merupakan tokoh yang produktif
dalam lapangan penulisan. Hal ini terbukti dengan banyak hasil karya
beliau ditemui termasuk yang telah hilang. Tidak kurang daripada 200
buah karangan termasuk buku, makalah, dan surat-surat telah dihasilkan
oleh Al-Razi yang dicatat para pengaji. Karya-karya beliau banyak
membahas persoalan falsafah, kedokteran, sains, Alquran, ilmu kalam,
bahasa Arab, fiqi, geometri, dan sejarah.
Kemasyhuran Al-Razi bukan saja menjadi
kebanggaan dunia Islam malah ketokohan dan kepakaran beliau turut diakui
oleh dunia Barat. Hal ini terbukti dengan banyak karya-karya beliau
telah menjadi rujukan dan panduan dunia Barat terutamanya dalam bidang
kedokteran. Hingga kini karya-karya Al-Razi masih digunakan.
Kitab Al-Hawi (Liber Contines) merupakan
sebuah ensiklopedia tentang kedokteran yang dihasilkan olehnya menjadi
rujukan dunia Eropa. Minat yang mendalam dunia Eropa kepada karya agung
yang seberat 10kg ini terbukti dengan penerbitannya beberapa kali sejak
abad ke-12M sampai abad ke-17M.
Penemuan Al-Razi tentang sakit campak
dan campak biasa turut menjadi bahan rujukan di dunia Barat bahkan turut
diulangi penerbitannya beberapa kali hingga abad ke-18M. Kedua karya
ini juga merupakan sumber kurikulum tradisional di kalangan para ahli
kesehatan Islam.
Kitab Al-Mansur (Liber medicinalis ad al
Mansorem) juga karya agung Al-Razi dalam dunia kedokteran. Al-Razi
telah menghasilkan buku ini ketika beliau di Khurasan di bawah
pemerintahan Gabenur Al-Mansur Ibnu Ishaq. Dalam buku ini terkandung 10
penemuan. Buku ini dianggap satu karya beliau yang tulen dan
mencerminkan kematangan dan kepakaran beliau dalam dunia kedokteran
modern.Dalam buku ini juga beliau menekankan betapa pentingnya cara
pemeriksaan yang teliti sebelum membuat sesuatu simpulan tentang sesuatu
penyakit. Satu falsafah yang terpenting dalam karya Al-Razi ini ialah
kebenaran dalam ilmu kedokteran merupakan suatu yang sangat susah
diperoleh meskipun banyak tersedia rujukan namun tetap dinilai kurang
apabila seorang dokter senantiasa tidak menggunakan pemikiran dan
logikanya.
Al-Razi menentang keras penipuan dalam dunia kedokteran. Baginya penyakit jasmani tidak boleh dipisahkan dengan penyakit rohani.
Al-Razi turut memberi sumbangan yang
besar dalam bidang kimia dengan terhasilnya Kitab Al-Asrar (The Book of
Secrets). Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan
merupakan sumber utama maklumat bahan kimia hingga abad ke-14M. Antara
lain keberhasilan Al-Razi dalam dunia kedokteran ialah penemuan cara
menyembuhkan penyakit cacar dan pengasingan alkohol dalam penghasilan
antiseptik.
Sumbangan Al-Razi dalam bidang falsafah
tidak kurang hebatnya, dengan terhasilnya banyak karya tentang falsafah
sudah cukup untuk membuktikan minat yang mendalam Al-Razi dalam bidang
falsafah. Karya beliau dalam bidang falsafah yang berjudul Al'Thib
Al-Ruhani merupakan karya teragung beliau dalam bidang falsafah. Karya
ini berkisar tentang cara pengobatan penyakit jiwa dan pengobatan fisik
yang menyembuhkan badan.
Brockelman seorang pengkaji biografi
orientalis pula membahagi penulisan tokoh ini kepada 13 bidang dengan
hanya mendapat 38 buah karya saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar