Imam Al-Ghazali lebih dikenali sebagai
ulama tasawuf dan akidah. Oleh sebab itu sumbangannya terhadap bidang
falsafah dan ilmu pengetahuan lain tidak boleh dinafikan. Al-Ghazali
merupakan seorang ahli sufi yang bergelar "hujjatui Islam”.
Abu Hamid Ibnu Muhammad Al-Tusi
Al-Ghazali itulah tokoh yang dilahirkan pada tahun 450 H. Sejak kecil ,
beliau telah menunjukkan usaha yang luar biasa dengan menguasai berbagai
cabang ilmu pengetahuan. Beliau bukan saja produktif dari segi
menghasilkan buku dan karya tetapi merupakan seorang ahli pikir Islam
yang terulung.
Cintanya terhadap ilmu pengetahuan
begitu mendalam sehingga mendorongnya untuk merantau dari tempat satu
ke tempat yang lain untuk berguru dengan ulama-ulama yang hidup pada
zamannya. Sewaktu berada di Baghdad, Al-Ghazali telah dilantik sebagai
guru besar Universitas Baghdad.
Walaupun telah bergelar guru besar
tetapi beliau masih merasakan kekurangan pada ilmu pengetahuan yang
dimiliki. Oleh karena itu, beliau beralih ke bidang tasawuf dengan
merantau ke Mekkah sambil berguru dengan ahli-ahli sufi yang terkenal
disana.
Selain belajar dan mengkaji, Al-Ghazali
juga banyak menulis. Beliau telah menulis 300 buah buku mencakupi
berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti matematika, akhlak, tafsir,
ulumul Quran, falsafah, dan sebagainya. Walau bagaimanapun, sebahagian
besar hasil tulisannya telah hangus dibakar oleh pemberontak Moghul yang
menyerang kota Baghdad.
Antara kitab yang musnah termasuk: 40
Jilid Tafsir, Sirrul Alamain (Rahasia Dua Dunia), dan al Madhnuuna bihi
ala Qhairiha (Ilmu Yang Harus Disembunyikan Dari Orang-orang Yang Bukan
Ahlinya,). Cuma 84 buah buku tulisan beliau yang bisa diselamatkan
seperti Al Munqiz Mim Al-Dhalal (Penyelamat Kesesatan), Tahafut al
Falsafah (Penghancuran Falsafah), Mizanul Amal (Timbangan Amal), Ihya
Ulumuddin (Penghidupan Pengetahuan), Mahkun Nazar (Mengenai Ilmu
Logika), Miyarul Ilmu, dan Maqsadil Falsafah (Tujuan Falsafah).
Meskipun Al-Ghazali banyak menulis
mengenai falsafah tetapi beliau tidak dianggap sebagai seorang ahli
falsafah. Malah kebanyakan penulis menggolongkan Al-Ghazali sebagai
seorang yang memerangi dan bersikap antifalsafah. Pandangan ini
berdasarkan tulisan Al-Ghazali dalam buku Tahafut Falsafah yang banyak
mengkritik dan mengecam falsafah. Bahkan dalam buku tersebut, Al-Ghazali
menyatakan tujuan menyusun buku itu adalah untuk menghancurkan falsafah
dan menggugat keyakinan orang terhadap falsafah. Namun begitu,
pandangan bahwa Al-Ghazali seorang yang antifalsafah tidak disetujui
oleh beberapa orang sarjana.
Walaupun tidak ada seorang pun yang
boleh menafikan kecaman Al-Ghazali terhadap falsafah seperti yang
ditulis dalam buku Tahafut Falsafah itu tetapi perlu diingat bahwa sikap
ragu dan kritikannya terhadap falsafah merupakan sebagian proses ilmu
falsafah itu sendiri. Hal ini karena tugas ahli falsafah bukan
semata-mata untuk mencari kebenaran dan penyelesaian terhadap sesuatu
masalah tetapi juga membantah penyelesaian yang dikemukakan terhadap
permasalahan tersebut.
Kalau menyelusuri perjalanan hidup
Al-Ghazali maka akan didapati bahwa beliau merupakan ilmuwan Islam
pertama yang mendalami falsafah dan kemudian mengambil sikap
mengkritiknya. Walaupun Al-Ghazali kurang senang dengan falsafah dan
ahli falasafah tetapi dalam buku Maqasid al Falasifah, beliau telah
mengemukakan kaedah falsafah untuk menguraikan persoalan yang berkaitan
dengan logika.
Menurut Al-Ghazali, falsafah boleh
dibagi dalam enam ilmu pengetahuan yaitu matematika, logika, fisika,
metafisika, politik, dan etika. Bidang-bidang ini kadang-kadang selaras
dengan agama dan kadang-kadang pula sangat berlawanan dengan agama.
Namun , agama Islam tidak menghalang
umatnya dari mempelajari ilmu pengetahuan tersebut sekiranya
mendatangkan kebaikan serta tidak menimbulkan kemudaratannya. Contohnya
agama tidak melarang ilmu matematika karena ilmu itu merupakan hasil
pembuktian pikiran yang tidak boleh dinafikan selepas ia dipahami.
Tapi bagi Al-Ghazali, ilmu tersebut
boleh menimbulkan beberapa persoalan yang berat. Antaranya ialah ilmu
matematika terlalu mementingkan logika sehingga akan menyebabkan
timbulnya persoalan yang berkaitan dengan perkara yang tidak dapat
diuraikan oleh akal pikiran. Menurut Al-Ghazali tidak salah berpegang
kepada logika tetapi yang menjadi masalahnya ialah golongan falsafah
yang terlalu berpegang kepada logika, hendaklah membuktikan fakta
termasuk perkara yang berhubung dengan metafisika.
Oleh sebab itulah beliau menentang
golongan ahli falsafah Islam yang mencoba mengungkap kejadian alam yang
menggunakan pemikiran dari ahli falsafah Yunani. Beberapa orang ahli
falsafah Islam seperti Ibnu Sina dan Al-Farabi jelas terpengaruh dengan
pemikiran falsafah Aristoteles. Maka tidak heran ada diantara pandangan
ahli falsafah itu bertentangan dengan ajaran Islam yang akan menyebabkan
kesesatan dan syirik.
Terdapat tiga pemikiran falsafah
metafisika yang menurut Al-Ghazali sangat bertentangan dengan Islam
yaitu qadimnya alam ini, tidak mengetahui Tuhan terhadap perkara dan
peristiwa yang kecil, dan pengingkaran terhadap kebangkitan manusia.
Al-Ghazali tidak menolak penggunaan akal
dalam pembicaraan falsafah dan penghasilan ilmu pengetahuan yang lain.
Sebaliknya beliau berpendapat bahwa ilmu kalam dan penyelidikan
menggunakan pikiran akan menambahkan keyakinan pada hati orang bukan
Islam terhadap kebenaran ajaran Islam. Jadi, perkembangan sesuatu ilmu
pengetahuan bukan saja bersandarkan kepuasan akal pikiran tetapi juga
perlu mempertimbangkan aspek perasaan dan hati nurani. Al-Ghazali
menganjurkan supaya umat Islam mencari kebenaran dengan menjadikan
Alquran sebagai sumber yang utama bukannya melalui proses pemikiran dan
akal semata. Jadi, apa yang dilakukan oleh Al-Ghazali ialah memaparkan
kesalahan dan kepalsuan bidang pengetahuan yang bertentangan dengan
agama serta bertentangan dengan pendirian umat Islam. Sekaligus
menunjukkan bahwa Al-Ghazali sebenarnya merupakan seorang ahli falsafah
Islam yang mencari kebenaran dengan berdasarkan Alquran dan hadis tidak
sebagaimana pemikiran serta permainan logika yang lazim digunakan ahli
falsafah Yunani. Perkara yang ditentang oleh Al-Ghazali bukan ahli
falsafah dan pemikiran yang dibawakan oleh mereka tetapi kesalahan dan
kesesatan yang dilakukan oleh golongan tersebut. Menurut Al-Ghazali ilmu
falsafah harus berdasarkan Alquran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar